Sering Membungkuk Saat Duduk Berpengaruh Pada Kesehatan, Ini Penjelasannya

Lurus IDLifestyleMembungkuk Saat Duduk Berpengaruh Pada Kesehatan

Banyak orang yang merasa sakit punggung ketika berlama-lama duduk. Sebenarnya, posisi duduk yang salah juga memperparah kondisi tersebut.

Oleh karenanya, Anda harus tahu posisi tubuh yang benar terlebih jika pekerjaan memaksa untuk duduk dalam jangka waktu lama seperti pekerja kantoran.

Jika Anda membiarkan hal tersebut terus menerus, akan ada dampak kesehatan yang akan menyiksa di kemudian hari seperti nyeri tulang belakang.

Posisi Duduk yang Benar

Sering Membungkuk Saat Duduk Berpengaruh Pada Kesehatan, Ini Penjelasannya

Berikut adalah posisi duduk yang benar agar Anda terbebas dari sakit punggung :

1. Sesuaikan Ketinggian Kursi

Ketinggian kursi yang pas ditandai dengan posisi tubuh yang membentuk huruf L atau 90 derajat dan merasa nyaman. Jangan lupa untuk memposisikan kaki lurus ke bawah dan tangan berada di samping badan.

Ada macam-macam posisi duduk, tetapi yang benar adalah tegak lurus antara punggung dengan tulang paha. Tetap rileks agar tulang belakang tidak terbebani.

2. Pilih Kursi Dengan Senderan Punggung

Usahakan untuk memposisikan punggung menempel senderan kursi sehingga Anda tidak cepat merasa Lelah. Jika perlu, tambahkan bantal di belakang Anda.

3. Leher dan Kepala Tetap Lurus

Saat duduk, usahakan untuk selalu memposisikan leher dan kepala tetap lurus dan rileks. Posisikan dagu tetap lurus dengan nyaman.

4. Posisikan Kaki dengan Benar

Ketika duduk, posisikan lutut tetap sejajar dengan tulang pinggul. Anda disarankan untuk tidak menyilangkan kaki karena bisa membuat nyeri punggung.

Selain itu, telapak kaki tetap menyentuh lantai ataupun pijakan lainnya. jika tidak, ini menandakan Anda dalam posisi duduk yang salah.

5. Sejajarkan Mata dengan Komputer

Jika Anda sering bekerja menggunakan komputer, jangan lupa untuk menyetarakan posisi PC dengan mata. Usahakan agar layar komputer selalu sejajar dengan mata. Jangan sampai Anda terpaksa membungkuk karena komputer terlalu tinggi atau rendah.

Bagaimana posisi duduk yang benar saat menulis juga sedikit mirip. Anda harus duduk tegak membentuk sudut 90 derajat dengan mata sedikit lebih tinggi berjarak sekitar 20 hingga 30 cm dari buku atau kertas.

6. Rajin Melakukan Peregangan

Posisi duduk yang sama selama berjam-jam tentu membuat badan Anda Lelah. Oleh karenanya, coba lakukan peregangan atau stretching tiap 30 menit sekali. Anda juga bisa beranjak dari kursi untuk berjalan sebentar agar tubuh tidak lelah.

Akibat Salah Posisi Duduk

Berikut ini adalah dampak dari posisi badan yang salah ketika duduk, antara lain :

1. Nyeri Punggung

Seperti yang kita tahu, saat duduk tulang belakang dan punggung menjadi salah satu titik tumpuan. Oleh karenanya, jika Anda duduk dalam posisi yang salah dalam jangka waktu lama akan menyebabkan nyeri punggung.

2. Memicu Stress dan Depresi

Saat Anda duduk dalam posisi yang salah maka sistem pernapasan menjadi tidak lancar. Apabila dibiarkan dalam kondisi lama maka Anda akan mengalami masalah pernapasan yang berujung mempengaruhi sistem saraf.

Dampak lanjut dari hal tersebut adalah timbulnya stress dan depresi yang berkepanjangan. Dengan duduk posisi tegak maka dada akan lebih terbuka dan sistem pernapasan menjadi lebih lancar.

3. Memperburuk Pencernaan

Duduk dalam posisi yang salah berjam-jam akan membuat pencernaan menjadi tersumbat. Akibatnya, proses pencernaan dalam tubuh akan terganggu dan bekerja dalam waktu yang lebih lama. Dampak selanjutnya, Anda bisa mengalami sembelit.

4. Penumpukan Lemak

Siapa sangka jika duduk dalam posisi yang salah bisa mengakibatkan penumpukan lemak? Lemak yang menumpuk ini merupakan efek lanjut dari buruknya organ pencernaan memproses makanan dalam tubuh.

Buat Anda yang sedang menurunkan berat badan, sebaiknya lebih memperhatikan posisi duduknya kembali.

5. Mengubah Bentuk Tulang Belakang

Bukan rahasia umum jika duduk dalam posisi yang salah selama berjam-jam akan membuat bentuk tulang belakang seseorang berubah.

Terdapat 3 bentuk tulang belakang yang abnormal yaitu skoliosis (membentuk huruf C atau S), kifosis (membungkuk), dan lordosis. Ketiganya merupakan penyakit yang sulit dan lama untuk disembuhkan hingga kembali ke bentuk normal.

Itu dia pembahasan mengenai posisi duduk yang benar dan berbagai penyakit yang disebabkan kesalahan tersebut.

Jangan lupa untuk mempraktikkannya dan biasakan untuk duduk dalam posisi yang benar seperti yang sudah dibahas ya!

Dan jika Anda ingin mengatasi persendian yang bermasalah Anda dapat menggunakan produk viostin, Anda bisa cek di sendi-sehat.com lebih lengkapnya.

Semoga bermanfaat, jangan lupa dibagikan ya!

Tinggalkan komentar

Mohon maaf, konten dilindungi.