Tips Untuk Orang Tua yang Ingin Menyekolahkan Anaknya di SD Internasional

Lurus IDInsightTips Untuk Orang Tua yang Ingin Menyekolahkan Anaknya di SD Internasional

Di Indonesia ada cukup banyak pilihan sekolah internasional yang memfasilitasi siswa-siswanya dengan pembelajaran terdepan. Salah satunya adalah German School Jakarta yang berlokasi di BSD. Sekolah internasional memang memiliki daya tarik tersendiri karena memungkinkan siswa untuk belajar dan berkembang secara optimal.

Namun, adanya banyak pilihan tentu membuat orang tua sedikit kebingungan dalam menentukan sekolah internasional yang terbaik. Nah, ini tips untuk orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah dasar internasional di Tangerang:

Tips Untuk Orang Tua Yang Ingin Menyekolahkan Anaknya di Sekolah Dasar Internasional

Tips Untuk Orang Tua Yang Ingin Menyekolahkan Anaknya di Sekolah Dasar Internasional

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Anak

Sebenarnya tidak ada tolok ukur tertentu dalam menentukan sekolah yang terbaik untuk anak Anda. Yang terpenting, Anda harus menyesuaikan sekolah yang dipilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan anak. Jangan asal memilih sekolah untuk anak hanya karena gengsi orang tua. 

Pastikan bahwa pendidikan yang ditawarkan sekolah pilihan Anda didesain sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Dengan demikian, anak-anak bisa menikmati setiap proses belajarnya dengan cara yang seru dan menyenangkan.

2. Cari Tahu Fasilitas yang Ditawarkan

Sebagaimana Anda ketahui, biaya pendidikan di sekolah internasional tentu saja tidak murah. Bahkan, Anda perlu mengeluarkan uang hingga ratusan juta per tahun untuk membayar biaya pendidikannya. Oleh karena itu, fasilitas yang diberikan harus menjadi salah satu pertimbangan utamanya.

Pastikan bahwa fasilitas yang ditawarkan oleh sekolah internasional pilihan sebanding dengan biaya pendidikan. Umumnya, sekolah internasional menggunakan kurikulum berstandar internasional yang disesuaikan dengan kemampuan anak. 

Kemudian sekolah internasional semestinya juga memiliki bangunan yang memadai, fasilitas belajar, ibadah, dan teknologi lengkap. Beberapa sekolah bahkan juga memberikan jaminan kesehatan dengan memberikan menu makan siang bernutrisi. Kalau dirasa fasilitasnya kurang bagus, lebih baik Anda beralih ke pilihan lainnya.

3. Pilih yang Memiliki Ekstrakurikuler Sesuai Minat Anak

Tak hanya sekadar menjadi tempat belajar secara akademik, sekolah juga harus bisa memberikan kegiatan yang sesuai dengan minat siswanya. Sebelum memasukkan anak ke sekolah dasar internasional di Tangerang, gali dulu minat atau passion-nya.

Setelah itu, cari tahu apakah di sekolah yang akan dipilih menawarkan kegiatan atau ekstrakurikuler sesuai dengan minat anak. Meskipun biasanya ada biaya tambahan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, hal ini tentu tidak menjadi masalah bagi orang tua.

Harapannya adalah agar anak-anak bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan pengawasan profesional. Hal ini tentu juga akan berpengaruh terhadap karier masa depan anak-anak.

4. Perhatikan Nilai-nilai yang Dijunjung oleh Sekolah

Tidak bisa dipungkiri, di usia tumbuh dan berkembang, anak-anak akan lebih sering menghabiskan waktunya di sekolah. Mereka akan senang bertemu dengan teman-temannya di sekolah untuk berinteraksi dengan cara belajar dan bermain bersama.

Sebagai orang tua, tentu saja Anda tidak bisa terus mengawasi anak-anak selama di sekolah. Anda akan mempercayakan tugas pengawasan tersebut kepada guru-guru yang ada di sekolah. Oleh karena itu, pastikan bahwa guru-gurunya selalu memberikan yang terbaik untuk siswa.

Perhatikan juga nilai-nilai yang dijunjung oleh sekolah tersebut. Pastikan bahwa sekolah memberikan penanaman karakter untuk siswanya. Meski demikian, Anda juga tetap bertugas melakukan penanaman karakter kepada anak-anak saat berada di rumah.

5. Pastikan Kenyamanan Sekolahnya

Bagi yang berencana ingin mendaftar ke preschool di Tangerang atau lainnya, cari tahu dulu kenyamanan yang diberikan oleh sekolah pilihan. Anak-anak tentu akan belajar dengan lebih senang jika sekolahnya nyaman. 

Pastikan bahwa sekolah yang dipilih memberikan kenyamanan maksimal kepada seluruh siswanya tanpa terkecuali. Hal ini bisa dilihat dari tata letak bangunan, adanya pepohonan rindang, serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Tak hanya itu, pastikan juga bahwa sekolah yang akan dipilih mampu memberikan kenyamanan dalam beradaptasi untuk kebiasaan baru. Untuk anak berusia preschool, mencari kenyamanan yang terbaik memang agak sulit. Sehingga Anda perlu lebih banyak melakukan penelitian.

6. Sesuaikan dengan Bujet

Mengingat bahwa biaya pendidikan di sekolah internasional cukup besar, Anda perlu memperhatikan dengan bujet yang dimiliki. Jangan memilih sekolah dengan biaya terlalu besar yang tidak sesuai dengan pendapatan orang tua.

Sesuaikan biaya pendidikan anak dengan bujet yang Anda miliki. Jangan sampai Anda keteteran membayar biaya SPP anak di tengah-tengah jalan. Perlu diingat bahwa sekolah terbaik bukan selalu yang paling mahal.

7. Tanyakan Pendapat Anak

Sebelum memasukkan anak ke sekolah internasional, tanyakan dulu pendapat mereka terkait pilihan tersebut. Jelaskan kepadanya apa saja yang akan didapatkan di sekolah internasional. Ajak juga mereka dalam melakukan survei atau penelitian. Setelah itu, tanyakan mana sekolah yang menurut mereka paling nyaman.

Nah, itu dia beberapa tips untuk orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di SD internasional. Bagi yang masih bingung dengan sekolah dasar internasional di Tangerang yang terbaik, daftar saja ke German School Jakarta.

German School Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1956 di Indonesia sehingga kualitas pendidikannya tak perlu diragukan. Sekolah internasional ini juga dijamin memberikan berbagai fasilitas pendidikan serta kesempatan berkarier yang mumpuni. 

Jangan lupa dibagikan ya!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments