5 Langkah Sederhana Memulai Bisnis Travel

Apakah Anda tertarik memulai bisnis travel? Namun, masih ragu karena merasa bisnis tour and travel sulit dijalankan?

Pada dasarnya, semua bisnis memiliki kesulitannya tersendiri, begitu juga dengan bisnis travel wisata. Meskipun demikian, Anda tak perlu berkecil hati karena untuk menjalankan usaha travel tidak sesulit yang dibayangkan.

Selain dana, Anda harus menguatkan niat dan memulai bisnis wisata dengan memanfaatkan peluang bisnis travel agent.

Menurut Badan Pusat Statistik, Kunjungan wisatawan nusantara tiap tahun semakin bertambah.

Dengan bertambahnya jumlah wisatawan, maka peluang bisnis dibidang travel juga semakin banyak diminati.

Selain banyak diminati, bisnis ini juga bisa menghasilkan profit yang tidak tanggung-tanggung. meskipun modal awal yang dikeluarkan pun cukup besar pula.

Lantas bagaimana cara memulai bisnis travel ini? Berikut langkah mudahnya:

Begini Cara Mudah Memulai Bisnis Travel Indonesia

Agar lebih paham, simak cara memulai bisnis travel offline maupun online berikut ini.

1. Tentukan Jenis Travel dan Buat Profil Perusahaan

Tentukan Jenis Travel dan Buat Profil Perusahaan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan terlebih dulu jenis travel apa yang ingin Anda tekuni. Apakah travel pesawat, kereta api, ataupun bus pariwisata.

Setelah menentukan, buat profil perusahaan Anda, termasuk nama untuk usaha travel. Usahakan nama yang dibuat menarik dan mudah diingat,  hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat orang tertarik menggunakan jasa travel Anda.

2. Pilih Tujuan Beserta Paket Wisatanya

Pilih Tujuan Beserta Paket Wisatanya

Setelah semua rencana awal berhasil dilakukan, tugas selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah adalah menentukan dan memetakan lokasi-lokasi yang menjadi target dan tujuan wisata perusahaan travel Anda.

Ada beberapa travel yang tidak mengikutsertakan suatu daerah yang menjadi tujuan wisata travelnya, tapi di perusahaan travel lain justru itu menjadi tujuan utama.

Oleh karena itu, perlu Anda tentukan mana saja yang menjadi target Anda. Setelah tujuan ditentukan, Anda juga perlu membuat paket wisata untuk beberapa tujuan wisata.

Sebagai contoh, Paket Wisata Bus 3 Hari 2 malam Banyuwangi atau Paket Wisata Pesawat 5 Hari 4 Malam Bali.

3. Siapkan Peralatan dan Buat Izin Usaha

Siapkan Peralatan dan Buat Izin Usaha

Begitu semua sudah siap, Anda harus memiliki senjata untuk menggaet konsumen, seperti kartu nama atau kartu identitas perusahaan untuk lebih mudah memperkenalkan dan menawarkan jasa.

Selain itu, Anda juga perlu membuat izin usaha. Percuma saja jika semua sudah Anda persiapkan, tapi bisnis Anda tidak bisa berjalan jika tidak ada izin usaha legal.

4. Kerjasama dengan Pihak Lain

Kerjasama dengan Pihak Lain

Selain menawarkan langsung kepada calon wisatawan, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tertentu untuk memperluas jaringan dan mempermudah memperkenalkan jasa travel.

Misalnya saja Anda bekerja sama dengan pihak sekolah atau kampus untuk membuat paket wisata liburan.

Bisa juga mencari pihak yang bisa diajak kerja sama dengan melihat tren yang sedang berlangsung, melalui survei, atau komunitas tertentu yang sering melakukan perjalanan wisata.

5. Promosi

Promosi

Untuk memperkenalkan usaha travel Anda ke khalayak umum dibutuhkan promosi yang tepat. Salah satu cara termudah untuk mempromosikan jasa travel Anda adalah menggunakan media sosial, seperti Twitter, Instagram, Path, Facebook, dan YouTube.

Dengan memanfaatkan media sosial untuk menjual jasa Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan ganda.

Pertama, jasa travel Anda akan lebih dikenal luas tanpa. Kedua, jenis promosi ini sangat efektif dibandingkan promosi berbayar yang menghabiskan banyak biaya.

Memasarkan produk wisata Anda melalui online juga lebih efisien dan hemat waktu. Anda bisa memantau perkembangan melalui ponsel atau laptop kapan pun dan di mana pun.

Selain via media sosial, pastikan juga memberikan potongan diskon atau harga khusus untuk paket tertentu, seperti paket wisata sekolah atau universitas.

Dengan cara ini, Anda akan kebanjiran order!

Ternyata memulai bisnis travel wisata tidak sesulit yang dibayangkan bukan?

Agar bisnis travel Anda berkembang pesat, pastikan untuk memaksimalkan promosi baik melalui offline maupun online.

Selain bisnis travel, Anda juga bisa kok memulai bisnis pariwisata, yuk pelajari Apa saja Keuntungan Bisnis Pariwisata ini.

Jangan lupa dishare ya!

Tinggalkan komentar

Mohon maaf, konten dilindungi.