Begini Cara Membuat Paket Wisata Terbaik

Apakah Anda mencari cara membuat paket wisata yang menarik? Selamat! Anda berada di tempat yang tepat.

Di sini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara membuat paket wisata yang bisa mendatangkan konsumen.

Bagi pengusaha travel wisata domestik, membuat paket wisata merupakan suatu keharusan.

Begini Cara Membuat Paket Wisata yang Menarik

Agar jasa travel Anda laris manis, simak sejumlah cara membuat paket wisata yang menarik menurut lurus.id berikut ini:

1. Tentukan Destinasi dan Tujuan

Tentukan Destinasi dan Tujuan

Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah destinasi atau tujuan wisata yang ditawarkan. Tempat mana saja yang akan masuk dalam paket wisata tersebut, wisata lokal atau wisata luar negeri.

Destinasi favorit, seperti pantai akan membuat wisatawan tertarik untuk kunjungi. Namun, untuk memastikannya, Anda sebaiknya membuat survei lebih dulu.

Sebagai contoh, untuk wisata 3 Hari 2 Malam di Bali, Anda bisa memadukan unsur alam, sejarah, dan kuliner menjadi satu kesatuan yang menarik.

Di hari pertama, Anda mengunjungi Pantai Sanur kemudian Desa Wisata lalu hari selanjutnya ke Pantai Kuta lalu Pura Besakih dan wisata kuliner di Denpasar.

Dengan paket tersebut, wisatawan bisa merasakan seluruh pesona Bali dalam satu waktu. Wisatawan juga tidak akan bosan mengunjungi satu tempat yang sama terus-menerus, misalnya pantai saja.

2. Buat Paket Wisata

Buat Paket Wisata

Tentukan jenis paket wisata yang ditawarkan. Jenis paket wisata dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori, misalnya saja paket wisata religi, paket wisata alam, ataupun paket wisata romantis khusus untuk bulan madu.

Anda juga perlu memisahkan antara dalam ataupun luar negeri. Dengan konsep paket wisata ini, wisatawan akan merasa tertarik.

Sebagai contoh, paket wisata romantis untuk bulan madu 2 hari 1 malam di Lombok, meliputi seluruh Gili kemudian Pantai Pink dan makan malam romantis di Casa Vintage Beach.

Untuk paket wisata satu hari, sebaiknya masukkan tempat wisata terpopuler atau yang paling disukai wisatawan di kota tersebut.

3. Buat Harga Penawaran

Buat Harga Penawaran

Setelah paket dibuat, langkah selanjutnya adalah menentukan harga. Sebenarnya, menentukan harga cukup sulit, mengingat tingkat persaingan jasa travel sangat tinggi.

Dalam menentukan harga paket, lihat apa yang bisa Anda tawarkan. Apakah paket tersebut sudah termasuk biaya tiket perjalanan, akomodasi selama menginap, tiket masuk, dan makan atau belum?

Tentunya, semakin lengkap fasilitas yang Anda tawarkan, semakin mahal juga harga jual paket. Agar konsumen tertarik, jelaskan secara detail apa kelebihan paket yang Anda miliki.

Misalnya, dengan paket Anda, konsumen tidak perlu repot mencari tiket kereta atau penerbangan dan penginapan atau lain sebagainya.

Semakin banyak kelebihan dari paket wisata yang Anda tawarkan, konsumen akan semakin tertarik. Ingat, calon konsumen menyukai kepraktisan dan kenyamanan.

4. Atur Jadwal Wisata dan Perjalanannya

Atur Jadwal Wisata dan Perjalanannya

Cara membuat paket wisata yang menarik selanjutnya adalah membuat alur perjalanan. Pastikan perjalanan wisata lebih dari satu tujuan atau destinasi.

Sebaiknya jangkau tempat wisata yang berdekatan untuk menghemat waktu. Destinasi wisata yang jauh dari penginapan dapat dikunjungi di akhir perjalanan.

5. Sesuaikan dengan Tren

Sesuaikan dengan Tren

Sebagai pengusaha travel, Anda harus aktif mencari informasi mengenai tren wisata terbaru. Dengan cara ini, Anda bisa menarik lebih banyak konsumen.

Misalnya sedang tren liburan sekolah, Anda bisa membuat paket tur untuk liburan singkat satu hari ke Yogyakarta atau 2 hari 1 malam ke Bandung.

Selain mempersiapkan kelima hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan kendaraan apa yang akan digunakan, apakah menggunakan bus pariwisata ataukah menggunakan kendaraan lain.

Kalau memang untuk menampung banyak orang Anda diharuskan untuk sewa bus pariwisata.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat paket wisata yang menarik. Tidak sulit, bukan? Yuk, mulai usaha travel Anda sekarang.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Tinggalkan komentar

Mohon maaf, konten dilindungi.