Bagaimana Cara Menjadi Reseller? Mudah, Ini Caranya

Bisnis reseller merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak dipilih oleh pebisnis pemula. Tak berbeda jauh dengan ide lainnya, usaha reseller membutuhkan komitmen dan kesabaran. Lantas bagaimana cara menjadi reseller?

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui lebih detail mengenai bisnis reseller, cara menjadi reseller, dan cara kerjanya.

Apa Itu Reseller?

Reseller adalah pihak yang menjual kembali suatu produk atau jasa milik supplier kepada konsumen. Reseller bukanlah bagian dari supplier karena sifatnya berdiri sendiri.

Cara Kerja Reseller

Cara Menjadi Reseller - Cara Kerja Reseller

Berbeda dengan sistem dropship yang dapat dijalankan tanpa modal, untuk memulai bisnis reseller, Anda membutuhkan modal. Modal ini akan digunakan untuk membeli produk.

Keuntungan menjadi reseller adalah harga jual yang lebih murah. Misalnya, untuk umum harga jual tas Rp50.000,00, maka khusus untuk reseller dijual Rp42.500,00.

Tak jarang supplier memberikan potongan harga untuk pembelian dalam jumlah banyak. Misalnya, untuk pembelian di atas 20 dibanderol dengan harga Rp41.000,00 dan Rp38.000,00 untuk pembelian lebih dari lima puluh item.

Barang yang akan Anda dapatkan nantinya, dapat Anda jual melalui online shop atau toko fisik dengan harga jual yang dapat Anda sesuaikan.

Begini Cara Menjadi Reseller

Lantas, bagaimana cara jadi reseller?

Sebelum membahas cara menjadi reseller, ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu mengenai syarat menjadi reseller.

Syarat Menjadi Reseller

Syarat menjadi reseller

Adapun syarat menjadi reseller, antara lain sebagai berikut.

  • Memiliki niat dan tekad kuat
  • Memiliki modal untuk membeli produk
  • Memiliki ponsel dan laptop
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang jual beli barang
  • Memiliki koneksi yang baik, baik teman, agen, maupun supplier
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang marketing
  • Tidak mudah putus asa
  • Kreatif dan mau bersaing

Cara Menjadi Reseller yang Sukses

Adapun cara menjadi reseller yang sukses, di antaranya sebagai berikut.

1. Lincah Dalam Bersosial Media

Bekal pertama yang dirasa cukup untuk menjadi reseller pertama adalah lincah dalam bersosial media. Beberapa media sosial yang harus Anda kuasai, antara lain:

  • Instagram

Instagram menyediakan akun bisnis yang membantu membuka lapak secara online. Selain itu, Instagram juga akan menampilkan produk dalam bentuk Snap bersponsor milik Instagram.

Dengan memanfaatkan fitur yang ada, akun Anda akan menjangkau konsumen lebih luas dibandingkan memasarkan produk secara offline.

  • WhatsApp

Media sosial ini memiliki fitur akun bisnis, di dalamnya terdapat tambahan katalog produk yang Anda jual. Katalog tersebut memudahkan konsumen memilih produk yang menarik minat.

  • Facebook

Satu lagi media sosial yang juga dimanfaatkan untuk menggaet konsumen, yakni Facebook. Melalui media sosial ini, Anda bisa berbagi gambar produk, deskripsi, dan menjual produk menggunakan fitur FB Ads.

2. Pilih Produk yang Mudah Untuk DIjual

Supaya Anda lebih cepat menarik calon konsumen, pastikan untuk memilih produk yang mudah untuk dijual. Semakin cepat barang terjual, semakin cepat balik modal, Anda pun akan mendapatkan banyak keuntungan.

Beberapa barang yang banyak diminati konsumen, antara lain gamis Syar’I, makanan ringan, kerudung, mukena, hingga parfum travel.

Produk tersebut tercatat sebagai produk yang menjanjikan dan banyak dicari konsumen.

3. Pilih Supplier yang Professional

Salah satu faktor sukses menjadi reseller adalah pemilihan supplier yang tepat.

Supplier yang profesional tidak hanya memberikan tawaran harga yang murah, tetapi juga memberikan edukasi mengenai produk yang tengah vital atau ngetren di kalangan konsumen.

Selain itu, supplier yang profesional di bidangnya juga tidak segan memberikan masukan yang memudahkan Anda mencapai tujuan, baik kesuksesan maupun omzet bulanan.

4. Selalu Konsisten Dalam melayani Calon Pembeli

Ini merupakan modal utama guna semakin mendongkrak nama baik dan produk yang Anda jual. Pelayanan yang baik dan konsisten akan mendatangkan banyak konsumen baru.

Semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan konsumen yang setia dan penghasilan bulanan yang melimpah ruah.

5. Memperhitungkan Daya Saing

Cara menjadi reseller yang sukses selanjutnya adalah memperhitungkan daya saing. Sebagaimana Anda ketahui, tingkat persaingan di dunia bisnis sangat tinggi.

Namun, Anda bisa memenangkan persaingan jika memiliki keyakinan dan sikap tak mudah menyerah. Selalu kreatif, ramah, dan jujur menjadi kunci sukses seorang reseller.

Demikianlah informasi lengkap mengenai reseller dan cara menjadi reseller yang sukses di dunia bisnis.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Tinggalkan komentar