Jenis-jenis Treadmill Terbaik Berkualitas di Tahun 2020

Anda yang sering berolahraga di gym pasti sudah tidak asing lagi dengan alat bernama treadmill. Alat yang dipakai untuk berlari di tempat tersebut memiliki banyak jenis. Harga treadmill pun berbeda-beda tergantung dari jenis dan juga fitur yang dimiliki. 

Apabila Anda ingin memiliki alat treadmill sendiri supaya tidak perlu pergi ke gym, sebaiknya pahami jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Berikut jenis jenis tradmill menurut lurus.id

Jenis-jenis Treadmill Paling dimintati

Jenis-jenis Treadmill Terbaik

Treadmill dibedakan menjadi dua kelompok besar berdasarkan mekanismenya. Jenis yang pertama adalah manual, sedangkan yang kedua yaitu elektrik. Mungkin sampai di sini Anda sudah dapat menyimpulkan apakah yang membedakan keduanya. Namun masing-masing treadmill tersebut juga masih dikelompokkan lagi menjadi beberapa jenis.

1. Treadmill manual

Sesuai namanya, treadmill jenis ini digerakkan secara manual oleh penggunanya. Alat olahraga ini tidak menggunakan sistem kelistrikan sedikit pun. Kelebihannya, Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk listrik. 

Harga belinya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis elektrik karena tidak memiliki motor penggerak. Di samping itu, perawatannya juga lebih mudah. Tak ada motor yang perlu dibersihkan dengan cara khusus. Namun Anda juga tetap harus menjaga kebersihan treadmill manual. Karena tidak ada mesin di dalam treadmill manual, alat ini menjadi lebih tahan lama.

Di balik keunggulan tersebut, treadmill manual juga punya sisi negatif. Alat ini tidak praktis karena tidak memiliki mode-mode khusus seperti yang bisa dijumpai pada treadmill elektrik. Anda harus menggunakan tenaga sendiri untuk mengatur kecepatan berlari. Namun untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, treadmill manual justru lebih efektif.

Meskipun tak punya banyak mode, treadmill manual umumnya dilengkapi dengan beberapa fungsi lainnya, yaitu melakukan beberapa gerakan di bawah ini:

  • Latihan otot kaki
  • Latihan otot bokong, paha, dan betis dengan stepper
  • Membentuk pinggang ramping dengan twister
  • Membakar lemak dengan belt trainer
  • Push up
  • Rope trainer

Apabila Anda menyukai kemewahan dari alat olahraga, sepertinya treadmill manual kurang cocok. Alat ini memiliki kesan yang sederhana dan kurang mewah.

2. Treadmill Elektrik

Treadmill elektrik dilengkapi dengan motor penggerak. Terdapat motor penggerak yang menggunakan listrik satu arah dan juga listrik dua arah. Selain dapat bergerak secara otomatis, treadmill jenis ini juga memiliki banyak pilihan mode untuk kebutuhan berolahraga. Pengaturannya juga lebih praktis apabila dibandingkan dengan treadmill manual.

Treadmill elektrik Ini juga dibagi lagi menjadi 3 Jenis berdasarkan desain nya.

  • Treadmill biasa

Treadmill yang pertama ini adalah alat yang digunakan untuk latihan seperti berlari, berjalan cepat, dan juga berjalan biasa. Alat ini memiliki lintasan lari yang terus berputar dan digerakkan oleh motor. Fungsi utama dari treadmill yaitu melatih otot kaki dan juga jantung. 

  • Sepeda statis

Treadmill elektrik yang satu ini memiliki sebuah tempat duduk dan juga dilengkapi dengan pengayuh. Persis seperti yang biasanya ada pada sepeda. Fungsi dari alat ini adalah melatih otot kaki seperti menaiki sepeda pada umumnya.

Alat ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan manfaat bersepeda namun menghindari sinar matahari. Sepeda statis juga jauh lebih aman karena penggunanya tidak perlu berjumpa dengan kendaraan lain seperti yang ada di jalan raya.

  • Orbitrack

Treadmill elektrik yang satu ini mirip seperti sepeda statis. Perbedaannya adalah alat ini memiliki tuas untuk tangan guna membantu pergerakan kaki. Jadi, otot tangan pun dapat berlatih apabila Anda menggunakan orbitrack ini.

Untuk mengetahui harga treadmill manual dan elektrik secara lebih lengkap, kunjungi https://hargatreadmill.com/. Di sana Anda akan menemukan banyak rekomendasi treadmill yang sesuai kebutuhan dan bujet.

Jangan lupa dibagikan ya!

Tinggalkan komentar

Mohon maaf, konten dilindungi.