Begini Cara Jualan Makanan Online, Dijamin Laris!

Kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang diprediksi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Hal ini terjadi karena kuliner merupakan kebutuhan pokok yang sampai kapanpun akan terus dicari oleh manusia.

Kini, ada banyak sekali usaha makanan yang dipasarkan secara online tanpa harus repot menyediakan tempat semacam warung atau restoran.

Sebelum melanjutkan membaca, Anda harus sudah mengerti dahulu tentang Apa itu bisnis online.

Setiap pemilik bisnis kuliner dituntut lebih kreatif dan inovatif agar dapat bertahan di tengah sengitnya persaingan usaha.

Para pengusaha kuliner juga memerlukan strategi pemasaran bisnis yang komprehensif sehingga memberikan dampak yang cukup signifikan.

Dengan adanya strategi pemasaran yang tepat, maka penjualannya pun dijamin meningkat secara cepat.

Lalu, bagaimana cara jualan makanan online yang tepat agar memperoleh omzet berlipat?

Berikut tips tentang cara menjual makanan berat dan ringan, kering maupun basah secara online menurut lurus.id :

Cara Sukses Jualan Makanan Online yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Cara jualan makanan online yang efektif meningkatkan penjualan

1. Manfaatkan jejaring sosial

Jejaring sosial atau media sosial selalu menjadi tempat paling tepat untuk melakukan pemasaran produk apapun, termasuk kuliner.

Bukan hanya penggunaannya yang nyaris tanpa biaya, media sosial juga kerap dijadikan tempat interaksi masyarakat modern saat ini.

Bahkan, berdasarkan penelitian We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi pengguna aktif media sosial mencapai 42 persen dari total populasi penduduk dunia.

Intinya, cara menjual paling mudah adalah dengan memanfaatkan seluruh media sosial yang ada seperti, Facebook, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk memperbanyak promosi di media sosial yang paling sering digunakan oleh target konsumen Anda.

Tampilkan pilihan menu yang Anda tawarkan disertai foto, caption, dan penawaran yang menarik.

Dijamin, produk kuliner Anda akan laris diserbu oleh konsumen.

2. Daftarkan bisnis kuliner Anda di aplikasi layanan pencarian restoran

Ketahuilah, aplikasi layanan pencarian restoran muncul dengan tujuan mempermudah konsumen menemukan ide kuliner untuk dinikmati.

Contohnya di Indonesia ada aplikasi seperti Zomato, Mangan, Pergikuliner, dan Trip Advisor.

Tentu saja, kehadiran aplikasi semacam ini jadi angin segar bagi pemilik bisnis kuliner seperti Anda.

Untuk memberikan referensi kepada para penikmat kuliner, Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda sebagai bagian dari strategi marketing

Dengan mendaftar di aplikasi tersebut, maka bisnis kuliner Anda akan muncul di daftar pencarian dan bisa lebih dikenal oleh masyarakat.

Tentu saja, ini jadi cara jualan makanan online yang paling efektif dalam meningkatkan keuntungan. 

Selain membantu merekomendasikan, aplikasi layanan pencarian restoran ini juga menyediakan fitur kolom ulasan, panduan, serta layanan pemesanan suatu produk.

3. Menjalin kerja sama dengan layanan pesan antar

Tak hanya aplikasi layanan pencarian restoran saja yang bisa membantu Anda berjualan makanan secara online, tapi juga ada aplikasi layanan antar.

Ada dua aplikasi delivery service atau layanan antar yang paling terkenal di Indonesia, yaitu Go Food Gojek dan Grab Food.

Saat ini ada jutaan pengguna kedua aplikasi tersebut yang pastinya bisa melihat aneka produk dari bisnis kuliner Anda.

Tentu saja, cara berjualan makanan online satu ini sangat memengaruhi penjualan produk kuliner yang Anda tawarkan.

4. Menampilkan foto-foto produk dengan konsep menarik

Salah satu kekuatan promosi kuliner secara online baik di media sosial, aplikasi layanan pencarian restoran, dan delivery service adalah foto yang menarik.

Oleh sebab itu, unggah foto produk makanan yang Anda tawarkan dengan konsep menarik dan mampu menggugah selera.

Tak perlu menggunakan kamera mahal atau menyewa jasa fotografer profesional jika modal Anda terbatas.

Anda cukup menggunakan kamera ponsel dibantu dengan teknik pencahayaan yang benar, latar belakang yang menarik, dan aplikasi edit foto.

Cukup sederhana, bukan?

5. Tampilkan testimoni pelanggan

Ada baiknya menampilkan testimoni pelanggan, baik itu berupa pujian maupun kritik.

Testimoni semacam ini bisa Anda jadikan bukti kepada calon pelanggan lain, bahwa kelezatan makanan dan kualitas layanan yang Anda tawarkan memang yang terbaik.

Sementara itu, tampilkan juga kritik yang dibarengi dengan respon super cepat untuk menunjukkan profesionalitas Anda dalam melayani keluhan pelanggan.

Manfaatkan kritik tersebut untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih baik lagi, bukan untuk menjatuhkan reputasi.

Baca Juga: Daftar Bisnis Kuliner Online Modal Kecil Menjanjikan

6. Perhatikan kualitas makanan

Sebagus apapun tampilan dan promosi yang Anda berikan, tak akan ada artinya jika rasa serta kualitas makanan tersebut tidak memuaskan.

Jika itu terjadi, bisa dipastikan konsumen tidak akan kembali lagi untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Lain lagi jika rasa dan kualitas makanan itu enak dan memuaskan, pastinya konsumen akan menjadi pelanggan tetap Anda.

Oleh sebab itu, rasa dan kualitas merupakan fokus utama agar bisnis kuliner Anda tetap unggul di tengah ketatnya persaingan usaha.

Alangkah baiknya jika Anda menggunakan bahan terbaik, melakukan uji coba rasa, dan berbagai inovasi untuk memberikan kejutan rasa tak terlupakan kepada konsumen.

Namun jika Anda masih bingung untuk menentukan makanan apa yang akan dijual secara online, Anda bisa baca artikel tentang Ide Bisnis Makanan Online.

Demikian cara jualan makanan online yang perlu Anda ketahui.

Ingat.. Memaksimalkan pemasaran harus seiring dengan manajemen bisnis yang baik agar hasil yang diperoleh dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik pula.

Jangan lupa dibagikan ya!

Tinggalkan komentar

Mohon maaf, konten dilindungi.