Bagaimana Tahapan Strategi Bisnis yang tepat?
Lurus iD – Ingin Memulai bisnis tapi takut gagal? Pakai strategi bisnis!
Jangan takut gagal sebelum Anda mencoba.
Kali ini anda akan tahu, bagaimana strategi bisnis yang paling tepat dalam menjalankan bisnis.
Melalui artikel 10 Tahapan Strategi Bisnis Tepat Membangun Usaha Sendiri bisnis anda akan berjalan dengan sempurna.
Terutama jika anda masih seorang mahasiswa, pasti memiliki potensi untuk terus maju.
Tidak heran jika banyak strategi bisnis yang ingin dijalankan mahasiswa, mengingat usia mereka yang masih muda, yang pastinya mempunyai semangat dan motivasi yang sangat kuat.

10 Tahapan Strategi 100% Tepat Membangun Usaha Sendiri
1. Identifikasi Customer Needs
Tahapan awal dari pembangunan strategi bisnis ditentukan oleh identifikasi customer needs.
Karena dengan survey atau identifikasi dulu sebelum membuat sebuah produk akan mempermudah anda untuk mencari apa yang dibutuhkan oleh customer, sehingga produk yang anda gagas akan terjual secara maksimal.
Tahapan ini bertujuan agar anda mempunyai target penjualan yang tepat, sehingga bisnis yang anda tekuni ini bertahan lama. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk identifikasi kebutuhan customer, antara lain:
- Komunikasi : Komunikasi melalui lisan ke lisan membutuhkan keahlian dalam berbicara, jadi cara ini bisa diterapkan bagi anda yang memiliki kemampuan berbicara yang baik.
- Kuisioner : Bagi anda yang tidak mempunyai keahlian dalam hal berbicara, anda bisa lakukan melalui kuisioner, kuisioner merupakan selembar kertas yang berisi tentang spesifikasi produk yang akan dibuat. Anda bisa menitipkan kuisioner ditempat-tempat umum, seperti: Warung kopi, Rumah makan atau yang lainnya.
2. Penetapan Spesifikasi Produk
Setelah Identifikasi Customer Needs selesai, maka akan didapatkan hasil keinginan customer.
Setelah itu anda harus menetapkan produk apa yang ingin anda buat dengan menambahkan spesifikasi-spesifikasi yang diinginkan pelanggan.
3. Membuat Konsep
Pembuatan Konsep sangat diperlukan dalam bisnis ini.
Dalam hal ini anda dituntut untuk membuat beberapa konsep yang nantinya akan dipilih mana yang paling baik dengan mempertimbangkan hasil kuisioner.
4. Memilih Konsep
Pemilihan konsep merupakan proses mengevaluasi konsep-konsep dengan penekanan terhadap keinginan pelanggan dan kriteria, membandingkan kekuatan atau kelemahan secara relatif dari konsep-konsep tersebut.
Selanjutnya dilakukan pemilihan satu atau lebih konsep untuk dikembangkan, ditinjau lebih lanjut. Kriteria pemilihan konsep didasarkan pada costumer needs.
5. Arsitektur Produk
Arsitektur merupakan teknik perancangan. Anda harus merancang produk atau jasa sesuai dengan konsep yang telah dipilih secara tepat. Tahapan ini sangat penting.
6. Desain Industri
Desain Industri merupakan desain alat-alat dan bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam proses produksi dalam sebuah industri besar maupun kecil.
Desain Industri akan menghasilkan kreasi tentang bentuk, konfigurasi, dan komposisi garis atau warna yang berbentuk tiga atau dua dimensi, yang memberi kesan estetis.
7. Desain Manufakturing
Tahapan ini merupakan proses pembuatan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi (lewati langkah ini jika bisnis Anda adalah jasa).
8. Pembuatan Prototype
Prototype Produk merupakan pendekatan terhadap suatu produk berdasarkan berbagai dimensi, baik itu dilihat dari dalam produk, maupun luar produk.
Baca juga: Bisnis untuk Mahasiswa ini sangat menguntungkan
9. Analisa Ekonomi
Analisa Ekonomi sangat diperlukan, karena anda akan menentukan apakah harga produk sesuai dengan apa yang diinginkan customer, entah itu rasa, penampilan ataupun yang lainnya.
10. Management Project Pengembangan Produk
Pengembangan produk diperlukan melalui revisi pada produk yang lama, sehingga akan memunculkan produk yang sempurna.
Demikian artikel 10 Tahapan Strategi Bisnis Tepat Membangun Usaha Sendiri, semoga Anda bisa menerapkan strategi bisnis tersebut.
Jangan lupa dibagikan ya!
Menarik sekali, terimakasih informasinya
Sama-sama