Beberapa pengetahuan dan tindakan perlu diimplementasikan dalam menerapkan cara memulai bisnis online yang efektif guna meraih hasil yang maksimal.
Apalagi mengingat ketatnya persaingan di berbagai platform, baik media sosial maupun marketplace.
Oleh sebab itulah, strategi yang tepat perlu diterapkan, khususnya bagi para pebisnis pemula demi mengungguli para kompetitor tersebut.
Cara awal berbisnis online yang akan disampaikan berikut ini bisa Anda coba untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan konversi penjualan.
Pastinya tips yang diberikan Lurus.id berikut bisa Anda jadikan panduan terkait cara memulai bisnis online yang baik dan benar.
Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula
Berikut cara memulai usaha secara online mulai dari nol:
1. Cari permasalahan yang sering dihadapi pasar
Produk merupakan suatu komponen paling vital dalam bisnis online.
Anda memiliki potensi untuk memenangkan pasar jika mampu menyediakan produk sesuai kebutuhannya.
Bisa dipastikan, Anda akan menemui kegagalan jika tidak bisa menyediakan produk yang dibutuhkan oleh pasar. Ini merupakan cara memulai bisnis online paling penting yang perlu Anda pikirkan dengan matang.
Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian dari CBS Insight. Penelitian itu menyatakan bahwa:
42 persen perusahaan rintisan mengalami kebangkrutan karena gagal mengidentifikasi kebutuhan pasar. Salah satu penyebab utama kegagalan tersebut adalah produk yang mereka tawarkan tidak berhasil menyelesaikan masalah konsumen.
Jadi, ketika Anda memutuskan untuk memulai berbisnis online, maka ada dua pertanyaan penting yang harus Anda jawab.
Pertama, apakah produk Anda memang dibutuhkan oleh pasar? Kedua, apakah produk Anda bisa menyelesaikan masalah konsumen?
1.1 Kenali permasalahan yang sering dihadapi konsumen
Demi menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, Anda harus mencari dan mengidentifikasi masalah seperti apa yang dihadapi pasar.
Jangan khawatir kehabisan masalah, karena ada banyak sekali masalah yang setiap harinya dihadapi oleh konsumen.
Anda hanya perlu melakukan observasi lapangan untuk menemukan masalah yang benar-benar dihadapi oleh banyak orang di luar sana.
1.2 Pilih permasalahan yang memiliki potensi bisnis
Salah satu cara memulai bisnis online yang paling tepat adalah memilih masalah yang memiliki potensi bisnis.
Ketahuilah, tidak semua masalah berpotensi dijadikan bisnis online. Pilih satu masalah yang benar-benar berpotensi dan temukan solusinya dengan tepat.
2. Riset Market
Ketika berhasil menemukan satu masalah yang berpotensi bisnis, maka sekarang adalah saatnya Anda untuk fokus pada riset bidang tersebut.
Pasalnya, Anda tidak akan bisa memulai suatu bisnis jika hanya berdasarkan asumsi pribadi semata. Untuk mendapatkan fondasi bisnis online yang kokoh, Anda memerlukan data yang objektif.
Nah, melalui riset market inilah Anda bisa mendapatkan data-data yang diperlukan sehingga keputusan yang diambil tak sekadar asumsi maupun opini.
2.1 Cek tren di Google Trends
Jika Anda masih kebingungan bagaimana cara mengecek tren pasar, maka cara termudah adalah mencarinya dengan bantuan Google Trends.
Melalui Google Trends, Anda bisa mengetahui kata kunci apa saja yang terkait, lokasi asal hingga besaran volume pencariannya.
Selain Google Trends, Anda juga bisa menggunakan keyword tool lain, seperti Ahrefs, Semrush, dan Ubersuggest.
2.2 Lihat tren di sosial media
Anda juga bisa melihat tren terkini melalui media sosial karena ini adalah tempat di mana orang bisa menumpahkan keluh kesahnya. Biasanya, keluh kesah ini mengandung review suatu produk atau layanan tertentu.
Cukup ketikkan keyword yang Anda inginkan di kolom pencarian media sosial, maka akan muncul segudang postingan yang berhubungan dengan keyword tersebut.
2.3 Lihat tren di forum
Umumnya, konsumen tergabung dalam suatu forum atau grup khusus yang membahas soal produk tertentu. Tentu saja, obrolan dalam forum tersebut berdasarkan pengalaman tiap konsumen, baik ataupun buruk.
Adapun contoh forum konsumen yang bisa Anda temukan, seperti misalnya Beautynesia dan Female Daily yang membahas seputar produk kecantikan.
3. Analisa Pesaing
Cara memulai bisnis online berikutnya adalah menganalisa pesaing.
Mengetahui dan mempelajari trik bisnis pesaing merupakan senjata utama yang Anda perlukan untuk mengalahkan mereka.
Ketahui secara pasti apa kelebihan yang dimiliki, bagaimana trik mereka dalam mendapatkan konsumen, sampai temukan kekurangan mereka.
Anda bisa membuat suatu produk yang tentu bisa bersaing dengan para kompetitor jika berhasil mendapatkan semua informasi yang diperlukan.
Adapun beberapa langkah yang harus Anda pahami untuk menganalisa persaingan bisnis online ini, antara lain:
3.1 Buatlah daftar beberapa pesaing
Daftar atau pengelompokkan pesaing bisa Anda buat dalam tiga kategori, yaitu pesaing utama, pesaing sekunder, dan pesaing tersier.
Pesaing utama adalah para pelaku bisnis yang memiliki target pasar atau produk yang sama dengan bisnis Anda. Sementara pesaing sekunder adalah pelaku bisnis yang memiliki produk sama dengan Anda tapi target pasarnya berbeda.
Contohnya, jika Anda memiliki bisnis kedai kaki lima, maka kompetitor sekunder Anda adalah kafe atau restoran mewah.
Berikutnya adalah pesaing tersedier yang secara tidak langsung berkompetisi dengan target pasar bisnis Anda.
Namun, mereka menawarkan sejumlah produk yang masih berhubungan secara langsung dengan produk Anda.
Dengan membuat daftar pesaing seperti ini, dijamin Anda bisa lebih fokus.
Ingatlah, prioritas Anda yang paling penting adalah memenangkan persaingan dengan para kompetitor di kategori utama.
3.2 Analisa website pesaing
Setelah membuat daftar pesaing, selanjutnya adalah mengunjungi website para pesaing utama dan perhatikan setiap detilnya.
Agar lebih mudah, ada beberapa poin penting yang bisa membantu Anda dalam mengidentifikasi website kompetitor tersebut.
- Cermati cara mereka menampilkan produk dan keterangan detilnya, beserta foto yang digunakan.
- Pahami bentuk Call to Action atau CTA yang ditampilkan dalam website mereka.
- Jika mereka menyediakan newsletter, maka ketahui secara pasti keuntungan apa saja yang diberikan kepada pelanggannya dengan fitur tersebut.
- Lihat dan cermati tampilan media sosial mereka di website.
- Perhatikan optimasi dan ukur seberapa cepat loading website tersebut.
- Jika mereka memiliki blog, coba cermati tiap konten yang ada di dalamnya.
- Anda perlu mencoba layanan customer service yang mereka sediakan dan hitung seberapa cepat respon mereka untuk menanggapi pelanggan.
- Ketahui seperti apa promosi yang mereka tawarkan dan seberapa sering itu dilakukan.
- Pelajari tiap menu utama yang tersaji dalam website tersebut. Cari informasi soal testimoni pelanggan, metode pembayaran yang digunakan hingga metode pengiriman produknya.
Poin-poin tersebut hanyalah sebagian dari beberapa hal penting yang perlu Anda cermati saat menganalisa website pesaing.
Gali informasi sebanyak mungkin agar Anda bisa membuat website yang jauh lebih baik dari mereka.
3.3 Analisa sosial media pesaing
Tak hanya website pesaing saja yang perlu Anda analisa, tapi juga media sosialnya.
Berikut ini beberapa poin penting yang bisa membantu Anda menganalisa media sosial para pesaing utama sebagai bagian dari cara memulai bisnis online.
- Ketahui platform media sosial yang digunakan.
- Ketahui seberapa aktif dan responsif mereka ketika berinteraksi dengan pengikutnya di media sosial.
- Pelajari konsep postingan media sosial mereka.
- Jika mereka menggunakan jasa influencer, ketahui siapa influencer tersebut dan seperti apa insight-nya.
3.4. Cek review produk pesaing
Pahamilah, menganalisa website dan media sosial saja tidaklah cukup.
Anda juga harus memeriksa tiap-tiap review yang diberi oleh pelanggannya.
Anda akan mendapatkan sejumlah informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan pesaing secara langsung dari pelanggan melalui review tersebut.
Beberapa poin penting yang bisa membantu Anda menganalisa review para pelanggan mereka adalah sebagai berikut:
- Ketahui faktor kepuasan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan oleh pesaing.
- Ketahui keluhan pelanggan soal produk tersebut.
- Cermati harga produk yang mereka berikan dan biasanya mereka butuh waktu berapa lama untuk mengirimkan produk tersebut.
- Fitur yang dianggap paling penting oleh pelanggan.
- Kepuasan pelanggan terhadap customer service yang diberikan.
- Harapan tiap-tiap pelanggan dari produk yang ditawarkan.
- Ketahui, sejauh mana produk tersebut mampu menyelesaikan masalah pelanggan.
3.5 Identifikasi market positioning pesaing
Setelah semua langkah tersebut di atas telah Anda lakukan dengan baik, maka selanjutnya adalah mengidentifikasi market positioning pesaing Anda.
Perlu Anda ketahui, market positioning merupakan citra suatu produk yang ada di dalam persepsi pelanggan.
Contoh sederhananya, meski sama-sama menjual ponsel, Apple dan Oppo memiliki market positioning yang berbeda.
Jika Apple memposisikan ponsel buatannya sebagai simbol kemewahan, maka Oppo memposisikan ponselnya sebagai gadget dengan harga terjangkau.
Agar mempermudah Anda dalam mengidentifikasi market positioning pesaing, coba cermati dulu beberapa poin berikut ini:
- Ketahui kelebihan produk yang bisa didapatkan pelanggan dari produk pesaing tersebut. Gali lebih dalam, apakah mereka memang mencari harga termurah atau justru mencari manfaat tertentu sampai tidak mempedulikan harganya.
- Ketahui berbagai fitur dan manfaat yang paling sering ditonjolkan dalam iklan dan media promosi mereka untuk memenangkan persaingan bisnis.
- Ketahui keunikan produk yang mereka tawarkan.
Tak ada salahnya juga mendaftarkan diri sebagai salah satu pelanggan newsletter atau membeli produkmereka untuk mendapatkan banyak informasi berharga.
Dijamin, cara seperti ini mampu membantu Anda mengidentifikasi secara mendalam apa saja kelebihan dan kekurangan pesaing.
3.6 Analisa perbandingan harga produk
Tak bisa dipungkiri, harga tetap jadi salah satu faktor utama pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk.
Oleh sebab itulah, Anda perlu membandingkan harga produk yang Anda tawarkan dengan semua pesaing yang ada.
Ketahui secara pasti besaran rata-rata harga produk yang sama di pasaran hingga di angka berapa konsumen rela merogoh koceknya untuk membeli produk tersebut.
4. Tentukan model bisnis yang tepat
Riset yang Anda lakukan tidak boleh berhenti di target pelanggan dan produk yang akan dijual saja.
Anda juga harus memilih bisnis model seperti apa yang paling mendatangkan keuntungan berlimpah.
Sebab, meskipun Anda menjual produk yang sama persis, tetap saja cara menjualnya pun bisa berbeda.
Misalnya saja, Anda tertarik untuk menjual suatu peralatan rumah tangga dengan teknologi terkini.
Jika memang modal Anda mencukupi, tentu saja Anda bisa menyediakan stok beberapa produk fisik untuk dijual melalui marketplace maupun website.
Beda ceritanya jika Anda tidak memiliki modal yang cukup. Anda harus memutar otak untuk mendapatkan solusi terbaik.
Salah satunya, bekerja sama dengan supplier, kemudian menjual produk tersebut menggunakan sistem dropship. Keuntungan berbisnis sebagai dropshipper ini Anda tak perlu mencemaskan stok produk dan inventorinya.
Baca Juga:
Ini Cara Mudah Menjadi Dropship di Shopee Yang Benar
Cara Jadi Dropship di Tokopedia
Ada cara lain yang juga bisa Anda terapkan sebagai salah satu cara memulai bisnis online yang tepat, yaitu melibatkan penjualan produk dalam skema affiliate marketing.
Cara ini biasanya cocok bagi Anda yang mungkin merasa lebih nyaman menjadi blogger untuk bekerja sama dengan suatu merek dalam mempromosikan beberapa produk. Caranya dengan menjadi publisher via Google Adsense.
Program affiliate marketing ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan link atau kode spesifik yang nantinya digunakan calon konsumen untuk berbelanja.
Anda akan mendapatkan sejumlah komisi apabila calon konsumen tersebut bertransaksi menggunakan link atau kode spesifik yang Anda berikan.
5. Menentukan target market
Secara garis besar, target market merupakan sekelompok orang yang memiliki karakteristik sama dan kemungkinan membeli produk yang Anda tawarkan.
Percayalah, setiap produk bisnis memiliki pasarnya masing-masing.
Contoh paling mudah, meski sama-sama menjual produk tas, Hermes dan Palomino memiliki target market yang berbeda.
Hermes menargetkan pasarnya di kalangan atas, sementara Palomino ada di pasar kelas menengah ke bawah.
Anda dipastikan mampu mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar jika memiliki target market yang spesifik.
Tak hanya itu, Anda juga jadi lebih mudah untuk menyusun strategi promosi yang tepat.
5.1 Petakan segmentasi pasar
Sebagai pelaku bisnis online, Anda dituntut untuk memperkirakan siapa saja calon konsumen potensial. Namun, Anda tak bisa melakukannya dengan sembarangan.
Ada cara termudah dalam menentukan karakterisitik umum calon konsumen, yaitu dengan pemetaan segmentasi pasar. Ada dua faktor yang paling penting untuk melakukan pemetaan segmentasi pasar, yaitu demografi dan psikografi.
Faktor demografi mencakup umur, lokasi, gender, pendapatan, tingkat pendidikan, status perkawinan, etnis, hingga pekerjaan. Sementara faktor psikografi adalah hobi, ketertarikan dan nilai-nilai yang dianut.
5.2 Buatlah buyer persona secara spesifik
Selanjutnya, buatlah buyer personasecara spesifik menggunakan data-data pemetaan segmentasi pasar yang telah Anda dapatkan.
Apa itu buyer persona? Buyer personamerupakan suatu gambaran ideal dari para pembeli produk yang Anda tawarkan.
Umumnya, untuk membuat buyer personayang tepat, Anda membutuhkan beberapa sesi wawancara dengan sejumlah konsumen. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh gambaran yang lebih nyata.
Ada dua macam buyer persona, yaitu buyer personapositif dan negatif. Buyer personapositif adalah orang-orang yang memiliki kemungkinan terbesar untuk membeli produk bisnis Anda.
Sementara itu, buyer personanegatif adalah kebalikannya. Para buyer personanegatif ini merupakan orang-orang yang tidak berpotensi untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Contohnya, merek mobil high-end seperti Lamborghini memiliki buyer persona positif dari kalangan ekonomi atas. Nah, untuk buyer persona negatifnya berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.
Anda dipastikan bisa lebih fokus untuk menguasai suatu target market jika membatasinya pada kelompok tertentu.
Tak hanya itu, Anda pun jadi lebih mudah menyusun strategi promosi yang tepat sesuai dengan target market yang telah ditentukan.
6. Buat produk baru
Nah, sekarang saatnya Anda memilih bahan baku produk yang sesuai berdasarkan riset market, analisa pesaing, dan penentuan target market-nya.
Susunlah beberapa daftar pertanyaan seperti, apakah market yang Anda targetkan lebih berorientasi pada harga dibanding kualitas? Atau perlukah Anda mengurangi kualitas bahan baku demi mendapatkan harga termurah?
Pertanyaan-pertanyaan semacam itu tentu hanya bisa terjawab melalui data dari riset market, analisa pesaing, dan target market yang telah Anda lakukan.
Pastikan kembali bahwa semua produk tersebut telah sesuai dengan kebutuhan pasar.
Tak hanya itu saja, pastikan juga produk tersebut memiliki unique selling points atau UPS agar bisa memenangkan ketatnya persaingan bisnis.
Jika Anda kebingungan dalam menentukan produk, Anda bisa baca artikel sebelumnya tentang Ide Bisnis Online Terbaru dan Menjanjikan.
7. Proses pemasaran
Setelah semua cara memulai bisnis online di atas telah Anda lakukan, maka selanjutnya adalah memasarkan produk yang telah Anda bangun.
Anda pasti paham, bahwa pemasaran bisnis online tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.
Anda memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar sesuai dengan target yang telah ditentukan.
Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran bisnis online yang perlu Anda terapkan.
7.1 Gunakan Google Bisnisku
Hal paling utama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan bisnis online di platform Google Bisnisku.
Platform satu ini merupakan fitur khusus pebisnis yang berfungsi untuk mempermudah calon konsumen dalam mengetahui informasi lengkap tentang bisnis itu sendiri.
Mulai dari nama perusahaan, alamat, nomor telepon, email, website, jam operasional, foto kantor hingga testimoni pelanggan.
Google Bisnisku nyatanya memiliki banyak manfaat, meski sekilas terlihat sepele. Jadi, pastikan bisnis Anda telah terdaftar di platform ini.
7.2 Buat website
Suatu bisnis online akan terlihat kurang lengkap tanpa adanya website yang memang diibaratkan seperti toko dalam bisnis offline.
Website juga dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan calon konsumen untuk membeli produk suatu bisnis.
Hal ini diperkuat dengan survei yang dilakukan oleh Verisign. Dimana Sebanyak 56 persen orang ternyata tidak percaya pada bisnis online yang tidak memiliki website khusus.
Tentu saja, rasa tidak percaya seperti ini akan membuat mereka berpaling mencari alternatif lain, salah satunya pesaing Anda di luar sana.
Ya, cukup dengan sedikit berkurangnya rasa percaya, para kompetitor ini mampu merebut calon pelanggan potensial Anda.
Anda tentu tidak ingin hal seperti itu terjadi, bukan?
Jadi, Anda wajib meyakinkan para calon pelanggan ini bahwa bisnis online yang Anda jalankan memang benar-benar nyata dan bukan tipu-tipu belaka.
Salah satu cara paling efektif adalah dengan membuat suatu website resmi. Setiap website resmi yang dibangun pasti memiliki domain. Apa itu domain?
Domain adalah alamat website yang unik dan tidak bisa diduplikat oleh pihak lain. Jadi, melalui domain ini Anda bisa dengan mudah mengarahkan para pelanggan untuk mengunjungi website resmi yang telah Anda siapkan.
Tak perlu pusing dengan urusan programming ataupun coding untuk membuat website. Sebab, saat ini membuat website bisnis online terbilang cukup mudah.
Anda bisa memilih menggunakan WordPress ataupun Blogger yang nyaris tidak memerlukan biaya sama sekali.
Jika ingin lebih meyakinkan, maka Anda bisa menyewa jasa developer yang sudah ahli di bidangnya, seperti Istana IT.
7.3 Optimasi SEO website
Cara paling mudah agar calon pelanggan menemukan Anda di mesin pencarian adalah mengusahakan website bisnis online Anda berada di halaman pertama hasil pencarian.
Nah, cara agar website muncul di halaman pertama hasil pencarian Google ini dengan optimasi SEO on page website.
SEO (Search Engine Optimization) on page merupakan praktik optimasi SEO yang dilakukan pada suatu konten yang diterbitkan.
Langkah-langkah optimasi SEO ini berfokus pada faktor-faktor yang terdapat dalam konten Anda.
Dalam artian sederhananya, SEO on page adalah langkah optimasi meningkatkan kualitas konten agar lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca.
7.4 Gunakan sosial media
Menggunakan dan memaksimalkan sosial media merupakan hal wajib bagi pebisnis online manapun sebagai kanal marketing.
Mengingat Sosial media ini tidak membutuhkan modal alias tanpa modal. Ini seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik bagi Anda yang memang masih pemula.
Apalagi, sebagian besar masyarakat Indonesia sangat aktif di jejaring sosial.
Namun, menggunakan media sosial untuk keperluan bisnis tidak boleh asal-asalan.
Mengelola sosial media untuk bisnis tanpa strategi yang matang sudah pasti sia-sia.
Anda tidak akan menemukan apa target yang ingin dicapai, siapa yang ingin dijangkau, dan masalah apa yang ingin diselesaikan.
Hal ini pastinya berakibat negatif terhadap bisnis yang sedang Anda bangun.
Oleh sebab itulah, langkah pertama dalam memanfaatkan sosial media marketing adalah menyusun strategi yang pas.
7.5 Manfaatkan YouTube
Umumnya, para pebisnis akan melakukan beragam upaya untuk mengembangkan usaha mereka.
Salah satu caranya adalah memperluas jangkauan pemasaran menggunakan platform yang kini tengah populer, yaitu YouTube.
Seperti yang Anda ketahui, YouTube merupakan layanan video hosting online yang memungkinkan siapa saja untuk saling berbagi video.
Tak sedikit pengusaha maupun individu yang menggunakan YouTube untuk berbagi atau menemukan video, termasuk promosi, hiburan, dan juga instruksi.
Layaknya kanal media sosial pada umumnya, YouTube memungkinkan orang di seluruh penjuru dunia untuk saling berinteraksi dan membuat konten melalui komunitas online.
YouTube memiliki fitur lengkap dan juga popularitas yang tak perlu diragukan lagi sehingga menjadikannya saluran pemasaran yang berguna dalam bisnis online.
YouTube bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara memulai bisnis online dengan mempromosikan produk.
Selain itu, YouTube juga bisa digunakan sebagai sarana branding hingga memantau feedback.
7.6 Gunakan iklan berbayar
Dalam dunia periklanan, para pebisnis biasanya menggunakan iklan berbayar di tengah ketatnya persaingan bisnis mereka.
Dulu, persaingan bisnis terjadi antar outlet dengan metode yang terbilang sangat konvensional.
Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang kian pesat, hal seperti itu sudah tidak terjadi lagi. Pasalnya, semua telah tergantikan dengan adanya platform yang bisa mempermudah Anda dalam beriklan.
Platform tersebut adalah Google Ads dan juga Facebook Ads yang sama-sama bergerak dalam bidang iklan berbayar.
Banyak pebisnis meningkatkan kekuatan bisnis mereka dengan bantuan kedua platform tersebut. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan prospek penjualan, mencapai visibilitas, dan juga menemukan pelanggan baru.
8. Tips menjalankan bisnis online
Ketika mulai suatu bisnis online, seringkali para pelaku usaha merasa bingung kemana akan mendistribusikan produknya. Hal ini disebabkan karena ketidaksiapan mereka dalam memetakan area atau target market yang dituju.
Kemungkinan lainnya bisa jadi karena pebisnis tersebut sudah memiliki database yang besar tapi tidak diolah dengan maksimal. Mereka hanya fokus mencari pelanggan baru dan melupakan pelanggan lama, padahal keduanya sama-sama potensial.
Berikut ini ada dua tips penting yang bisa Anda jadikan cara memulai bisnis onlinedengan tepat.
8.1 Selalu simpan nomor telepon konsumen
Ketahuilah, nomor telepon konsumen merupakan database yang sangat penting bagi perkembangan bisnis Anda.
Database ini ibarat senjata ampuh bagi para pelaku usaha karena memiliki banyak manfaat.
Mulai dari penunjuk arah penjualan, gambaran potensi pasar, merekam pelanggan blacklist, menganalisa penjualan, hingga sarana berkomunikasi.
Pahamilah, database pelanggan ini bisa dijadikan sarana untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan sehingga mereka loyal terhadap produk Anda.
8.2 Selalu jujur dalam melayani konsumen
Setiap pebisnis harus menjaga etika bisnis dengan melakukan hal yang memang pantas untuk dilakukan, seperti misalnya kejujuran.
Pasalnya, kejujuran merupakan hal paling penting untuk menciptakan kepercayaan.
Jika tak ada kepercayaan yang terbangun antara Anda dan konsumen, maka bisa dipastikan bisnis Anda tidak akan berkembang.
Semoga penjelasan tentang cara memulai bisnis online dari nol tadi bisa jadi bahan belajar Anda dalam berbisnis.
Jangan pernah ragu untuk mencoba dan jangan pernah berhenti untuk berusaha demi membangun kesuksesan bisnis itu sendiri.
Jangan lupa dibagikan ya!